Kamis, 13 Oktober 2016

2 Bentuk Terapan Bisnis Pada Social Media Dan Social Network

Nama: Zebedeus Cheyso
NIM: 1605551098
Mata Kuliah: Aplikasi Sosial Media
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana




1. OTT ( Over The Top )

Adalah layanan atau aplikasi yang berjalan di jaringan komputer pada lapisan paling atas pada 5 layer forouzon yaitu phisycal  yang bekerjasaama dengan telco atau provider untuk masuk kedalam jaringan internet,,yang kekuatan utamanya berupa konten-konten seperti ( teks, audio, dan video )

A. Kategori OTT ( Over The Top )

     Kategori Dalam Over the top Yang kita ketahui ada 3 Jenis, Yaitu  Streaming Audio Video, Social Media Dan Social Network , dan Komunikasi ( Text, audio, Dan Video )


  • Streaming Audio Video 
Streaming merupakan proses pengiriman data kontinyu atau secara terus-menerus, yang dilakukan secara broadcast melalui internet untuk ditampilkan ke aplikasi streaming pada computer,

Streaming ad 2 jenis,, yakni streaming audio dan streaming video. Pengertian streaming audio itu sendiri untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet. Tetapi tidak mendownload terlebih dahulu lalu menyimpannya di computer, dengan streaming ini dapat mendengarkan tanpa harus mendownloadnya. Contohnya seperti winamp untuk mp3,


Sedangkan pengertian dari video streaming adalah untuk melihat langsung siaran video melalui internet, tanpa mendownload dan menyimpannya di computer sebelumnya. Dengan adanya video streaming ini, kita dapat menonton video yang diinginkan. Misalnya untuk menonton siaran televisi melalui internet, sekaranb pun juga bisa melihatnya melalui mobile. 

Nihhh Contoh situs-situs Streaming audio video selain Youtube 

-. Ustream

Ustream didirikan pada tahun 2007 sebagai layanan video streaming. Stius yang berlamat di Ustream.tv ini cukup menghibur dengan banyaknya konten video. Bahkan situs ini sudah dilihat sampai 80 juta viewers.
Konten-konten video di Ustream beragam. Mulai dari acara televisi, video musik, gaming, teknologi, dan sebagainya.

-. Vidio

Vidio merupakan situs berbagi video yang asli buatan Indonesia. Situs yang beralamat di Vidio.com ini merupakan situs besutan Emtek Grup, perusahaan yang juga menaungi Liputan6, SCTV, Indosiar, Bukalapak, dan sebagainya.

Tidak heran jika kebanyakan video di di Vidio.com lebih banyak memuat acara yang ada di SCTV ataupuN Indonesia. Situs semacam Liputan6 juga lebih banyak menggunakan materi video dari Vidio.com sebagai bagian dari kontennya.

-. Myspace


Myspace awalnya dikenal sebagai MySpace yang merupakan situs dengan platform media sosial. Situs ini sempat mengalami masa kejayaan dan dianggap sebagai salah situs jaringan sosial paling populer di Amerika.

Sayangnya, situs ini kalah bersaing dengan Youtube sehingga membuat situs ini dijual. Adalah Specific Media Group dan Justin Timberlake yang kemudian membeli situs ini. Setelah pembelian, Myspace sempat menutup layanan mereka.
Baru pada tahun 2013, situs ini lahir kembali dengan konsep yang berbeda dibandingkan sebelumnya.

Itu Beberapa contoh Layanan OTT dalam Kategori streaming audio video

  • Social Media dan Social Network
Penjelasanya , Social Media, adalah media online yang mendukung seseorang untuk bisa berinteraksi melalui internet/situs-situs berbasis web. dan Social network biasa juga disebut jejaring pertemanan,karena sosial network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu.
Contoh tentang Layanan OTT (Over The Top) yang bekerja pada social media dan social network , Seperti Kaskus, Facebook, Yahoo, Instagram, Line, dll.

  • Komunikasi ( Teks, audio, video )
Nah Dari judulnya sudah bisa kita Tebak , layanan over the top pada kategori ini contohnya Line, Facebook, KakaoTalk ,
Macam-macam layanan ini dapat membuat kita berkomunikasi kepada siapa saja dengan menggunakan teks, audio(Voice Note), Video(Video Call) ( Seperti  pada Line, Facebook, dan aplikasi serupanya )

B. Bisnis

Nah Ini yang paling Utama dari pembahasan kali ini, Jelas Kita ketahui Bahwa Semua Layanan OTT ( Over The Top ) Adalah bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya dan Simpati masyarakat dunia pada layanan yang di berikan.

  • Iklan , Adsense

    adalah sebuah program yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan uang tambahan dari internet dengan cara memasang iklan di situs-situs tertentu yang biasa kita temukan pada saat browsing di internet
    biasanya iklan tersebut menawarkan kita untuk menggunakan sesuatu,membeli sesuatu, atau menawarkan pekerjaan. di sini yang kita maksudkan adalah adsense pada aplikasi atau layanan OTT ( Over the Top )

  • Kerjasama dengan Telco/Provider
Kerjasama antara layanan dari OTT ( Over the Top ) dengan Telco (Internet , Telekomunikasi)
Telco (Provider) adalah yang menyedia kan layanan untuk penggunanya dapat berinternet dan saling berkomunikasi contoh telco provider di indonesia adalah, PT. Telkomsel,
PT. Indosat Tbk, PT. XL Axiata Tbk, PT. Axis Telekom Indonesia, PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), PT. Smartfren Telecom Tbk.
Contoh kerjasamanya :
-. Seperti pelanggan telkomsel , hanya dengan pulsa Rp.0 dapat mengakses Layanan OTT Facebook, dan hanya facebook saja yang dapat di akses di url 0.facebook.com dengan ini kita dapat mengetahui bahwa facebook bekerjasama dengan telco/provider PT. Telkomsel

-. Juga Pelanggan Provider dari indosat dapat berinternet gratis tetapi hanya situs facebook saja yang dapat di akses yaitu melalui url : http://free.facebook.com.

Inilah sebagian kecil dari contoh kerjasama layanan OTT dengan Telco/provider

  • Kerjasama Dengan perusahaan lain ( Nontelco )
tidak hanya dengan provider Telco saja yang bekerjasama dengan Semua Layanan OTT, tetapi selain perusahaan Telco juga ada 
contohnya :
Perusahaan Nintendo.inc yang bekerjasama dengan facebook yang membuat Halamanya di Facebook itu sendiri yang dengan itu Nintendo.inc dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya,


  • Bentuk Kerjasama dengan Pemerintah
Bentuk kerjasama dengan pemerintah contohnya Menkominfo indonesia, dengan Layanan OTT  seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Line, Whats App, Path, Line, WeChat dsb.
Menkominfo Mengizinkan dengan masuknya berbagailayanan OTT karena Kebutuhan Seluruh masyarakat akan perkembangan dunia teknologi , maka dari itu layanan OTT yang telah di izinkan masuk ke indonesia Di harapkan dapat memberikan dampak positif bagai seluruh masyarakat 

2. E-Commerce & M-Commerece ( M-Commerece)

Definisi :

  • E-Commerce 
 Merupakan bentuk interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung melalui jaringan internet dan pemasaran global , menggunakan perangkat elektronik sebagai media penghubungnya

  • M-Commerce
 Merupakan bentuk interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung melalui jaringan internet dan pemasaran global ,Tetapi menggunakan perangkat Mobile sebagai media penghubungnya


Teknologi :

  • Programing
Seperti yang kita tahu banyak sekali teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini namun yang kita fokuskan adalah teknologi mobile 
contoh : Android, IOS, Win Phone Platform

  • Near Field Communication (NFC) 
seperti judulnya akan saya jelaskan , bahwa layanan OTT juga Mempunya sistem pembayaran atau keuntungan dari apa yang mereka lakukan dari setiap penawaran layanan mereka , deisini saya mau contohkan Beberapa layanan OTT yang menggunakan teknologi NFC ,
contohnya : Pada saat kita membuka situs Youtube atau saat kita melakukan streaming video di youtube, beberapa dari video tersebut pasti memiliki iklan yang berdurasi pendek misalkan 5-10 detik, nahh Youtube mendapatkan banyak keuntungan dari penayangan iklan tersebut. Misal, Iklan AXE, Traveloka, Blibli.com,dsb.
dengan teknologi e-commerce dan m-commerce kita dapat melakukan pembayaran tanpa harus bertemu langsung dengan penjual atau pembeli itu sendiri.

  • Cloud Computting
a. Definisi

Definisi Cloud Computing berdasarakan NIST (National Institute of Standard and Technology) yaitu sebuah model yang memungkinkan adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama-sama dan mudah, menyediakan jaringan akses dimana-mana, dapat dikonfigurasi dan layanan yang digunakan sesuai keperluan(on demand).

b. Peranan

Adapun peranan dari Cloud Computing, yaitu: meminimalisir interkasi dengan penyedia layanan(vendor/provider) Cloud Computing, menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  • Pengguna
nahh peranan pengguna sebagai yang memakai semua layanan  e-commerce dan m-commerce, terbagi menjadi 2 : yaitu perorangan dan Corporate(perusahaan)
perorangan, adalah yang melakukan penjualan atau pembelian untuk kepentingan sendiri dengan mengandalkan e-commerce dan m-commerce
Corporate, Adalah yang melakukan e-commerce dan m-commerce meng atas namakan perusahaan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar